Monday, October 27, 2014

Hore Indonesia Juara lagi!

Pada bulan Juni 2014 Kleiner Perkins Caufield Byers Partner and Internet analyst Mary Meeker menerbitkan laporan tentang  riset Internet Trends dan 'Waktu Menatap Layar" (Screen Time) dari seluruh dunia. Ada yang menarik dari laporan ini karena Indonesia menempati urutan pertama, mantap kan? Apa sih isinya? yuk mari kita cari tahu laporannya, karena pasti akan sangat menarik dihubungkan dengan potensi pasar dari internet marketing yang dilakukan terhadap pasar ini.

Riset Meeker ini membagi klasifikasi laporannya berdasar pada waktu yang dihabiskan rata-rata orang ketika mereka menatap layar yang diminati, didalamnya ada media televisi, komputer/laptop, Smart phones atau tablet pc, setelah itu hasil riset ini juga membaginya kepada negara orang-orang tersebut. Nah disiniliah negara tercinta kita muncul :)


Sudah melihat image diatas kan? nah disana Indonesia secara total menghabiskan waktu  hampir 550 menit dan menjadi nomor satu disusul oleh Filipina, Tiongkok, Brazil dan Vietnam. Jika kita tarik garis kepada internet marketing, perhatikan blok warna biru, kuning dan merah, disana tertera, biru untuk : Laptop/PC(117), kuning untuk : Smartphone (181), dan merah untuk : Tablet PC (110). Sangat jelas, waktu per menit yang dihabiskan oleh rata-rata orang Indonesia sangat tinggi, ini harusnya disikapi oleh pebisnis online sebagai
"potensi pendapatan" yang bisa memenuhi tabungan anda kedepan :)

Bagaimana menyikapi hasil riset ini? mudah saja, buat content yang menarik untuk para pemakai smartphones atau jadikan website anda smartphone friendly, mudah diakses dan cepat. Jika anda pebisnis, pastikan display produk anda di website sudah dioptimasi dengan baik dan efektif agar bisa diakses oleh calon konsumen anda yang menggunakan smartphone dan tablet PC.
Dengan hasil riset diatas, anda tentunya bisa berpikir kreatif untuk memaksimalkan potensi internet marketing yang lebih sukses dan tepat sasaran.

Salam Juara!
BId

sumber riset dan image : psfk.com