Monday, November 17, 2014

Cara SEO untuk Image anda

SEO untuk Image? wah apalagi ini? memangnya bisa? kenapa tidak :) ok kami coba berikan pembahasan bagaiman kita bisa melakukan SEO untuk image agar bisa maksimal tampil di halaman 1 Google untuk katakunci tertentu.  Tahu kan istilah, “An image is worth a thousand words”.  Idiom ini sebenarnya sangat tepat juga untuk digital marketing strategi, tapi sayang masih banyak yang melewatkan potensi ini atau bahkan mungkin tidak terpikirkan ya?

Anda pasti sering melihat ketika, mencari sesuatu di Google, hasil pencarian google pasti menyertakan image di halaman 1 nya. Iya kan? nah selain dari Google image, hasil pencarian google image menurut data terakhir saat ini sangat besar dan ini tentunya potensi yang sangat baik untuk exposure marketing yang maksimal. Jangan salah, anda bahkan bisa mendapatkan backlink SEO yang cukup signifikan dari image ini ketika disharing oleh yang membutuhkannya. Jadi mari kita belajar bersama-sama untuk SEO image.

Langkah pertama yang harus anda ingat adalah faktor ukuran file dari image yang tersebut, pastikan image sudah diresize atau di kompress agar bisa diakses dengan mudah dan ringan.  Ini aturan dasar, karena google saat ini telah memasukkan faktor kecepatan akses suatu website sebagai salah satu penentu. Jadi berapa ukuran yang layak untuk image? tidak aturan yang baku, tapi menurut hemat kami selalu pastikan dibawah 1000KB atau di kisaran 100-200KB.

Langkah kedua, penamaan file, berikan nama yang baik dan sesuai dengan katakunci yang anda inginkan. Jadi jika anda berjualan baju gamis misalnya, maka berikan nama seperti "baju-gamis-murah" atau "jual-baju-gamis" dan seterusnya. Perlu di ingat, selalu pastikan korelasi antara penamaan dengan image yang akan dipakai, jangan menamakan "desain-baju-muslim" jika anda image anda adalah image tentang gamis.

Langkah ketiga, formulir "alt" tag, semua image bisa ditandai dengan "Alt" tag, dimana kah formulir ini berada? untuk website berbasis wordpress sangat mudah ditemukan ketika anda upload image tersebut, pasti akan muncul otomatis, perhatikan dan isi dengan keyword/katakunci yang anda inginkan lalu save.

Langkah keempat, pengisian "title",  penamaan title sendiri ketika file image di upload sangat penting dan jangan dilewatkan, ini salah satu faktor penting SEO Image yang dapat memberitahukan google robot crawler tentang relevansi data di image anda.

Menurut hemat kami, ini adalah 4 dasar untuk SEO image, sisanya seperti caption dan hal lainnya bisa anda tambahkan sendiri. Dengan faktor dan langkah SEO image yang tepat image anda bisa menjadi nilai tambah traffic dan exposure pemasaran yang dahsyat.
Pernahkah anda bayangkan, untuk memasukan data tulisan seperti ini ke image anda? dan muncul di halaman 1 Google? sudah kebayang idenya? :) silahkan dicoba.
SEO untuk image